Surga di lereng Argopuro - Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar merupakan salah satu air terjun di Bondowoso yang berada di lereng Gunung Argopuro dan penuh dengan cerita mistis. Menurut masyarakat setempat, barang siapa yang mandi di air terjun ini akan awet muda. Hal itu dikarenakan Dewi Rengganis dulunya pernah mandi di air terjun ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian 77 m. Uniknya, debit air yang mengalir di air terjun ini tidak pernah berkurang volume nya, meskipun saat musim kemarau. Air Terjun Tancak Kembar dapat dikatakan masih perawan, karena masih belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Mengingat tempat nya yang sedikit terpencil, jarang sekali di temukan bangunan bangunan di kawasan ini. 

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 20 km dari kota Bondowoso ke arah barat melalui Pal 9 berbelok ke arah Selatan.  Akses kendaraan menuju Desa Andungsari relatif mudah, karena sarana jalan menuju kesana telah beraspal, walaupun beberapa tempat terdapat kerusakan yang lumayan parah. Kendaraan roda 4 hanya bisa sampai di depan Pintu Gerbang Pusat Penelitian Kakao milik PTPN.  Disana terdapat (bekas) tempat parkir dan kantor pengelola. Namun sayang kondisinya kurang terawat. Selanjutnya dari pintu gerbang ini perjalanan menuju lokasi air terjun merupakan jalan tanah sepanjang kurang lebih 2.5 km, bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan harus super hati-hati karena medan yang berbatu sepanjang menuju air terjun.

Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso ini  sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda dan keindahanannya  sangatlah cocok bagi anda semua yang berada di didekat atau di kejauhan untuk merapat menggunjungi tempat  Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso di kota  Bondowoso ini .


Video Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso


















































Komentar

Postingan Populer